Jangan Biasakan Menahan Kencing !! Ini Bahayanya

Artikel

menahan kencing2

Dalam kondisi tertentu, seseorang tidak dapat mengelak untuk menahan kencing. Dalam berkendara misalnya, bagi mereka yang tidak terbiasa kencing sembarangan, lebih memilih menahan beberapa saat sambil mencari tempat yang “nyaman” untuk buang air kecil.

Begitupun juga bagi mereka yang sedang asyik dengan pekerjaannya, menahan kencing tak jarang menjadi kebiasaan. Memang kekuatan menahan setiap orang berbeda-beda. Ada yang sedikit saja sudah tidak tahan. Tapi ada yang betah berjam-jam menahan keluarnya kotoran yang ada dalam tubuhnya itu.

Bukan masalah kekuatan lama atau sebentarnya seseorang dalam menahan kencing. Namun tahukah Anda, kebiasaan menahan keluarnya air seni ini banyak menimbulkan bahaya bagi tubuh karena menahan kencing terlalu lama dapat berdampak mematikan bagi kesehatan.

Buang air kecil, yang ditandai dengan proses pengeluaran urin pada manusia merupakan suatu hal yang wajar dan umum terjadi. Proses buang air kecil ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. Semua kotoran dan sisa – sisa pencernaan yang sudah seesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh akan keluar melalui urin.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka hal ini haruslah menjadi suatu kewajiban untuk dituntaskan, dan jangan pernah ditahan. Jangan pernah Anda menahan untuk membuang air kecil dalam waktu yang sangat lama dan sering. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. apa saja bahayanya? Berikut dapat diperhatikan:

1. Menahan Kencing Berarti Menahan Kotoran Yang Seharusnya Keluar Dari Tubuh

Dengan menahan kencing berarti Anda menunda dan menumpuk kotoran – kotoran sisa pencernaan di dalam tubuh anda. Hal ini berarti tubuh anda harus menyimpan kotoran lebih lama. Kotoran – kotoran tersebut mengandung banyak zat – zat yang berbahaya bagi tubuh, yang mana akan menimbulkan infeksi apabila terlalu lama disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

2.Dapat Mengganggu Proses Pencernaan

Ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak dituntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang tidak maksimal dan tertunda karena Anda belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

3. Dapat Mengganggu Organ – Organ Pencernaan

Dengan terganggunya proses pencernaan, maka organ – organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat terganggu fungsinya.

4. Akan Menimbulkan Penyakit – Penyakit Dan Infeksi Pada Organ Pecernaan

Berikut ini beberapa penyakit organ pencernaan yang dapat terjadi ketika anda menahan untuk membuang air kecil :

  • Infeksi Pada Ginjal, yang kemudian dapat berpengaruh pada : siklus pembuangan urin, pendarahan ketika melakukan buang air kecil,dan terjadinya gagal ginjal. Infeksi pada ginjal masih dapat disembuhkan dengan cara menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil dan rajin minum air mineral.
  • Gagal Ginjal. Siklus pencernaan akan menjadi kacau dan semakin buruk.
  • Batu Ginjal, yang kemudian akan membuat terjadinya : infeksi pada ginjal, rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil, sulit melakukan buang air kecil, rasa nyeri pada bagian ulu hati.
  • Infeksi Kandung Kemih, yang dapat dirasakan ketika : muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah, muncul rasa nyeri saat buang air kecil, buang air kecil lebih sering dengan volume yang sedikit, dan buang air kecil dengan disertai pendarahan
  • Infeksi Saluran Kencing, Infeksi pada saluran kencing juga memiliki gejala – gejala yang sama dengan infeksi kandung kemih. Ketika anda sudah merasakan gejala – gejala seperti di atas, maka anda wajib memeriksakan hal tersebut ke dokter.

5.Anyang – Anyangan

Anyang – anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang – anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda – tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.
 
Ngeri bukan akibatnya ? Boleh sih menahan kencing dalam kondisi yang sangat kepepet. Tapi jangan sampai menjadi kebiasaan. Semoga kita termasuk orang-orang yang terbiasa menjaga kesehatan.  smile


Bagikan:


Semen Count

Menambah Sperma dan Menyuburkan Sperma

Semen Count - Menambah Sperma dan Meningkatkan Kesuburan Sperma

Harga: Rp 225.000,-

Last Post
Pemesanan

CS1 - Rendra

0823 2475 4741 / 0898 7118 101
5B522E46

CS2 - Rizal

0813 2679 1122 / 0896 5878 3232
Temukan Kami

Dapatkan juga produk-produk unggulan kami di marketplace favorit Anda berikut ini:

beli di tokopediabeli di bukalapakbeli di matahari mallbeli di shopee

Jam Kerja
Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Diluar jam kerja hanya melayani sms, whatsapp, dan BBM